Posted on July 25, 2020
Tips Aman Mengatasi Jerawat yang Muncul pada Masa Kehamilan image

Apakah saat ini kamu sedang hamil? Atau isitrimu sedang hamil, atau mungkin kerabat mu sedang ada yang hamil? Lalu punya masalah diwajah seperti jerawat? Pada masa kehamilan berbagai masalah kulit pasti akan muncul dan membuat tidak nyaman bahkan bias sampai stress. Apalagi ketika mengalami masalah kulit wajah, seperti kulit wajah yang kering, kemerahan bahkan sampai muncul banyak jerawat.

Sama halnya ketika kamu sedang haid, munculnya jerawat saat kehamilan juga bisa dipicu oleh peningkatan hormone dalam tubuh, terutama hormone androgen yang dapat meningkatkan produksi minyak, serta factor lingkungan.

Saat kehamilan, sangat sulit bagi ibu hamil untuk memilih produk skincare yang tepat. Karena kebanyakan produk anti jerawat mengandung bahan-bahan yang tidak dianjurkan untuk kehamilan. Nah, untuk mengatasi masalah kulit wajah pada masa kehamilan, kamu bisa ikuti beberapa tips dibawah ini!

Menjaga Kebersihan, seperti sarung bantal dan handuk.

Salah satu penyebab munculnya jerawat yang mungkin jarang disadari adalah kotoran dan debu. Kotoran dan debu biasanya menempel pada barang-barang yang biasa kamu gunakan seperti sarung bantal dan handuk. Kedua benda tersebut tentu akan sering berinteraksi dengan wajah dan menyebabkan kotoran menempel di kulit. Sebagai solusinya, rutinlah mengganti dan mencuci handuk serta sarung bantal kamu untuk meminimalisir kotoran yang dapat memicu jerawat di wajah.

Perhatikan Asupan Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral merupakan nutrisi yang diperlukan untuk mengatasi dan mengurangi jerawat diwajah. Pastikan kamu tetap mengonsumsi suplemen vitamin untuk memberikan nutrisi dari dalam. Ibu hamil umumnya mengalami kekurangan mineral zinc yang penting untuk pertumbuhan janin.  Pastikan suplemen Kamu mengandung zinc untuk mengganti kekurangan tersebut. Untuk mengatasi masalah jerawat di kulit wajah, Kamu bisa menambahkan vitamin dalam bentuk serum, terutama yang tinggi Vitamin C dan E sebagai antioksidan serta membantu regenerasi sel kulit.

Jangan Memencet Jerawat Sembarangan

Memencet jerawat adalah hal yang tidak disarankan, walau dalam kondisi apapun. Apalagi jika memencetnya dengan sembarangan. Saat kamu dengan sengaja memencet jerawat, bukannya menghilangkan masalah kulit malah menambah masalahnya. Masalah pada umumnya adalah infeksi bakteri, dan bekas jerawat/ luka yang akan sulit hilang. Memencet jerawat juga dapat merusak jaringan parut di kulit.

Selektif Memilih Produk Kosmetik dan Skincare

Saat sedang hamil, kamu harus benar-benar selektif dalam memilih kosmetik ataupun skincare yang akan kamu gunakan. Untuk yang biasa menggunakan kosmetik, lebih baik kurangi frekuensi penggunaannya selama kehamilan. Terutama jika masalah jerawat mulai muncul. Residu-residu kosmetik yang menempel pada kulit bisa saja menutup pori-pori sehingga kondisinya bisa makin parah. Selain itu, ada pula beberapa kandungan kosmetik yang perlu dihindari ibu hamil karena dianggap berbahaya bagi tumbuh kembang janin.

Namun jika memang kamu dituntut untuk memakai kosmetik, mungkin untuk alasan pekerjaan dan lainnya. Pastikan untuk selalu memilih kosmetik yang aman dan bebas dari Harmful Ingredients dan rutin Double Cleansing after Makeup. 

Untuk skincare, kamu ngga perlu khawatir. Karena sekarang sudah banyak skincare yang aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui. Yang sudah lulus uji BPOM (Badan Pengawasan Obat & Makanan). Salah satu produk yang sudah aman, bersertifikat BPOM dan bagus untuk ibu hamil dan ibu menyusui yaitu rangkaian Maggie Glow Series. Maggie glow mempunyai 2 series, whitening series dan acne series. Whitening series cocok untuk kamu yang mempunyai kulit wajah normal, dan acne series cocok untuk kamu yang mempunyai permasalahan kulit wajah seperti berjerawat, berminyak, kusam dan lain-lain.