Posted on September 14, 2020
Tips Meminimalisir Tampilan White Cast Akibat Penggunaan Sunscreen image

White Cast biasanya akan terlihat ketika warna kulitmu sawo matang atau cenderung lebih gelap. Meski tidak ada cara yang lebih baik untuk menghindari White Cast selain menggunakan chemical sunscreen, sebenarnya warna putih yang dihasilkan pada kulitmu lama kelamaan akan memudar. Selain itu, warnanya juga tidak begitu terlihat. 

Penggunaan sunscreen memang penting, karena berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Nah, terjadinya masalah White Cast ini adalah karena penggunaannya yang tidak tepat. Meski terlihat mudah, namun jika tidak tepat pengaplikasiannya justru akan menimbulkan masalah.

Berikut beberapa tips pengaplikasian sunscreen yang benar dan bias kamu ikuti, yuk disimak!

Pilihlah Sunscreen yang Tepat

Tips pertama untuk meminimalisir terjadinya White Cast adalah dengan memilih sunscreen yang memiliki formula ringan, mudah menyerap, dan memberikan perlindungan maksimal.

  • Pilihlah tabir surya yang sesuai dengan jenis kulit wajah kamu. Untuk kulit wajah kamu yang cenderung kering, gunakanlah tabir surya dalam bentuk krim dengan kandungan pelembab. Untuk jenis kulit yang berminyak dan rawan jerawat, pilihlah tabir surya dalam bentuk gel yang lebih cepat menyerap ke dalam kulit. Untuk kulit wajah sensitif, gunakan produk tabir surya yang tidak mengandung alkohol dan pewangi.
  • Pilihlah tabir surya dengan label “Broad-spectrum” yang dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Sinar UVA dapat mempercepat penuaan kulit, serta menyebabkan keriput dan flek hitam. Sementara, sinar UVB bisa menyebabkan kulit terbakar.
  • Perhatikan Nilai SPF-nya. SPF (sun protection factor) adalah ukuran yang menentukan berapa lama tabir surya dapat melindungi kulit dari UVB. Nilai SPF perlu disesuaikan dengan kondisi dan warna kulit, tapi yang paling umum digunakan di Indonesia adalah SPF 30 atau lebih.

Metode Pengaplikasian

Saat ini sudah banyak orang yang mulai sadar betapa pentingnya sunscreen, namun tidak mengetahui bagaimana cara tepat mengaplikasikannya. Gunakan sunscreen minimal dua jari untuk proteksi yang maksimal. Setelah itu, aplikasikan pada wajah sampai benar-benar merata, sehingga dapat mencegah timbulnya tampilan White Cast.

Nah, nggak kalah penting juga, sebaiknya gunakan sunscreen 30 menit sebelum terkena paparan sinar matahari dan gunakan kembali ke seluruh wajah setiap 3-4 jam sekali. Dengan cara demikian, perlindungan kulit terhadap sinar UV akan jauh lebih maksimal. 

Pilihlah Kosmetik dengan Kandungan Tabir Surya

Jika ingin mengenakan make up atau kosmetik dan menggunakan tabir surya, pilihlah yang sudah mengandung tabir surya. Beberapa produk kosmetik, seperti foundation, ada yang sudah ditambahkan kandungan tabir surya, sehingga dapat memberikan efek perlindungan dari sinar matahari saat digunakan.

Jika produk kosmetik tidak diperkaya kandungan tabir surya, Anda bisa menggunakan tabir surya untuk wajah terlebih dahulu, lalu tunggu selama setidaknya 20 menit sebelum menggunakan make up.

Nah, mulai sekarang kamu bias mengikuti cara-cara diatas ya. Untuk meminimalisir terjadinya White Cast di jawah kamu.