Posted on April 19, 2021
Kulit Kering Saat Puasa? Jangan Khawatir, Konsumsi Buah ini Untuk Menghidrasi Tubuh dan Kulit image

Sudah memasuki bulan Ramadhan nih, gimana puasa kamu sejauh ini? Apakah persiapan kamu sebelum puasa sudah terpenuhi? Selain menyiapkan kebutuhan untuk sahur dan berbuka puasa, kamu juga harus mempersiapkan berbagai nutrisi agar tubuh tetap terhidrasi.

Salah satu nutrisi yang harus kamu perhatikan adalah dengan mengonsumsi berbagai jenis buah-buahan. Namun tidak semua buah dapat menghidrasi kulit loh. Berikut beberapa buah-buahan yang dapat menghidrasi kulit. Check it out!

TOMAT

Tomat adalah buah yang kaya serat, vitamin C dan K, folat, dan kalium. Tomat juga mengandung likopen, yang membantu mencegah kerusakan sel. Tomat sendiri mengandung air sebanyak 94% dan merupakan sumber potasium yang baik. Dengan begitu, tomat dapat memberikan efek lembap pada kulit dan baik untuk mengatasi masalah kulit kering hingga mengelupas dan pecah-pecah.

JERUK

Seperti yang kita tau, buah jeruk sangat terkenal dengan kandungan Vitamin C nya. Tapi selain itu jeruk juga memiliki kandungan air yang cukup tinggi loh, sebanyak 88%. Buah jeruk kaya akan kalium dan antioksidan yang dapat meningkatkan fungsi kekebalan dan penangkal berbagai penyakit.

Air dan serat dalam jeruk dapat meningkatkan perasaan kenyang, yang membantu mengendalikan nafsu makan. Jadi jeruk ini selain mampu menghidrasi kulit dari luar, juga dapat menghidrasi kulit dari dalam.

SEMANGKA

Semangka diperkaya akan berbagai macam vitamin seperti Vitamin A, B6 dan C serta likopen dan asam amino. Berbagai nutrisi itu bergabung untuk berkontribusi pada kesehatan kulit, membantu system kekebalan tubuh, dan mendapat manfaat dari antioksidan.

Buah semangka memiliki kandungan air yang tinggi sebanyak 92%. Tak heran, buah yang umumnya berwarna merah ini paling sering dicari saat musim panas tiba karena termasuk ke salah satu makanan yang paling menghidrasi tubuh. Ini juga membantu menjaga kulit tetap terhidrasi, lembap, dan kenyal. 

MENTIMUN

Mentimun mengandung vitamin A dan vitamin C, yang keduanya berfungsi membantu menenangkan kulit dan melawan kerusakan, termasuk kekeringan. Belum lagi, mentimun mengandung salah satu persentase kandungan air tertinggi yaitu 95%, sehingga dapat membantu kulit tetap terhidrasi. 

Dengan banyaknya air dan nutrisi yang terkandung di dalamnya, membuat mentimun juga sering digunakan untuk mengatasi masalah kulit lainnya, antara lain pembengkakan, iritasi bahkan mengurangi rasa sakit akibat sengatan matahari.

STRAWBERRY

Dengan kandungan air 91%, menjadikan strawberry masuk ke salah satu buah yang sangat menghidrasi. Selain itu, strawberry juga memberikan sejumlah manfaat kesehatan karena mengandung banyak serat, antioksidan penangkal penyakit, vitamin dan mineral, termasuk vitamin C dan folat. Biasanya, strawberry diolah menjadi smoothie atau jus.

Nah, itulah beberapa buah yang bukan hanya dapat menghidrasi kulit dari luar tapi juga menghidrasi kulit dari dalam. Kamu bisa konsumsi buah-buahan tersebut saat sahur dan berbuka puasa ya. Semoga puasa kita lancar dan ibadah kita diterima. Selamat menjalankan ibadah puasa 1442 H.